Memasuki Usia 20-an, Tanda-Tanda Penuaan Dini Mulai Terlihat

Memasuki Usia 20-an, Tanda-Tanda Penuaan Dini Mulai Terlihat

Kesalahan yang sering dilakukan wanita saat usia 20 tahun kebanyakan adalah malas memakai tabir surya. Akibatnya, di usia 40 tahun, bahkan saat memasuki usia 30 tahun, tanda-tanda penuaan dini sudah terlihat di wajah, seperti kulit kusam, noda hitam, warna kulit tidak rata, kulit kering, dan garis kerutan.

Bagaimana cara kulit kita memperlihatkan tanda-tanda penuaan?

Pada usia 20-an

Di usia 20-an, dampak kerusakan UV menyebabkan berkembangnya noda hitam yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Sinar UV bisa menyebabkan 10 jenis kerusakan pada kulit, baik yang terlihat maupun yang tak terlihat langsung seperti kulit lebih gelap, semakin banyak noda yang terlihat, tekstur kulit jadi lebih kasar. Sedangkan efek buruk sinar UV yang bisa jadi problem tak terlihat di kulit adalah lebih banyak noda di dalam lapisan kulit, kulit kurang kenyal, kulit kering kurang terhidrasi, lebih banyak melanin, dan kanker kulit. Tanda pertama penuaan muncul di sekitar mata dalam bentuk kaki gagak dan turunnya kelopak mata atas yang membuat mata terlihat lebih kecil. Garis-garis halus juga mulai terbentuk di sekitar hidung dan bibir atas mulai menurun. Tanda lain penuaan berhubungan dengan kurangnya perlindungan dari sinar matahari. Tidak menggunakan tabir surya pada usia 20-an mempercepat kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari di dalam kulit, yang menghasilkan terbentuknya noda-noda gelap di kulit luar. Terus-menerus terpapar sinar UV yang berbahaya menyebabkan produksi melanin di dalam kulit menjadi berlebihan. Hasilnya terlihat pada hiperpigmentasi, yang menyebabkan kulit kita menjadi berwarna gelap, tidak rata, sehingga menjelaskan terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata.

Pada usia 30-an

Tanda penuaan berikutnya adalah munculnya garis-garis vertikal halus yang terbentuk dari ekspresi wajah kita. Tanda tersebut akan terlihat lebih dalam seiring bertambahnya usia. Garis kerutan antara kedua alis mata kita mulai terlihat. Garis tertawa di sekitar hidung dan mulut lebih terlihat jelas, yang sebagian disebabkan oleh gravitasi. Kulit kita mulai kehilangan volume dan elastisitasnya, dan garis-garis tersebut mulai terlihat lebih jelas. Bibir atas juga makin menurun ketebalannya.

Dari usia 40 seterusnya

Pada usia 40-an, kulit kita mulai kehilangan volume dan elastisitasnya, yang menyebabkan garis dan lipatan wajah kita mengendur. Rahang juga mengalami perubahan yang merubah penampilan wajah kita secara keseluruhan, membuat wajah kita terlihat lebih tertarik. Ini merupakan tanda lanjutan dari penuaan kulit. Cara kulit kita menua bergantung pada umur sel kulit kita yang tertulis di dalam DNA kita. Namun hingga 50% proses penuaan kita disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti kerusakan kulit karena sinar matahari dan merokok.

Jadi, perhatikan dan rawat kulit wajah kamu mulai sekarang.

ElshéSkin