Inilah Penyebab Jerawat saat Memakai Hijab

Inilah Penyebab Jerawat saat Memakai Hijab

Meski banyak skincare untuk merawat dan mencegah jerawat, kamu nggak akan bisa menolak adanya perubahan hormon dan pola makan atau gaya hidupmu yang tak sehat. Satu hal yang mungkin tidak kamu sadari adalah penggunaan hijab yang kurang bersih sehingga membuat kulit mudah berminyak sampai bermunculan jerawat.

1. Inner Hijab yang kamu gunakan sehari-hari dan nggak pernah ganti jadi tempat yang menyenangkan buat kuman dan bakteri

Meski terlihat sepele, inner hijab yang nggak pernah ganti akan memicu munculnya jerawat. Karena tepi inner hijab langsung bersentuhan dengan kulit wajah, khususnya bagian kening dan pelipis. Tempatnya yang tertutup akan bercampur dengan keringat dan rambut kamu yang berminyak. Pastinya hal ini akan menjadikan tempat bersarang kuman dan bakteri.

Jangan sampai menggunakan inner hijab yang sama berhari-hari dan terus menerus, ya!

 

 

2. Pemilihan bahan hijab nggak boleh asal!

Memperhatikan tekstur atau bahan kain hijab yang kamu beli dan akan kamu gunakan adalah bentuk dan rasa cinta terhadap diri sendiri. Karena kamu akan lebih memperhatikan hal-hal yang secara langsung bersentuhan dengan kulit wajah kamu.

Bahan yang baik untuk hijab adalah jenis bahan katun yang baik menyerap keringat. Sebaiknya hindari bahan spandek yang tidak bisa menyerap keringat. Perhatikan juga kelembutannya, jangan pilih tekstur yang “brudul”, membuat gatal atau tidak.

 

3. Tanganmu rentan kotoran dan bakteri, sering membenarkan hijab jangan sembarangan!

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang menyimpan jutaan bakteri paling banyak setiap harinya. Ketika tanganmu tak sengaja menyentuh kulit wajah ketika membenarkan hijab, disitu prosesnya perpindahan kuman atau bakteri dari tangan ke kulit wajah. Sebaiknya sebelum membenarkan hijab, bersihkan tangan kamu dulu, ya!

 

4. Jarang keramas pemicu munculnya jerawat? Bagaimana bisa?

Rambut yang jarang keramas akan lepek, berbau, dan berminyak akan menimbulkan berbagai masalah seperti jerawat. Kenapa bisa? Yup, karena faktanya saat kamu melepas hijab, tanpa kamu sadari, rambut akan bersentuhan dengan wajah. Atau saat tidur misalnya, pasti kamu nggak akan sadar kalau rambutmu sering mengenai kulit wajah.

 

 

5. Hati-hati pilih deterjen atau sabun pembersih hijab!

Karena kamu diwajibkan rutin membersihkan dan mengganti hijab kamu, perhatikan juga deterjen atau sabun pembersih hijab. Karena beberapa bahan kimianya akan berdampak buruk terhadap kulit wajah. Solusinya, bilaslah hijab yang kamu cuci dengan detergen sebersih mungkin agar sisa bahan kimia tidak tertinggal. Kalau mau pakai pewangi, pilihlah jenis pewangi dengan kandungan anti bakteri.

 

 

Ribet? Pastinya! Tapi demi kebersihan wajah dan bebas jerawat, kenapa tidak? Menyambut bulan Ramadhan, selain hati yang bersih, wajah juga perlu bersih.

ElshéSkin